Ini Dia Pesepakbola yang Berpuasa di Bulan Ramadan

Ini Dia Pesepakbola yang Berpuasa di Bulan Ramadan

Ini Dia Pesepakbola yang Berpuasa di Bulan Ramadan

Indovision Ramadhan | Jakarta - Bulan Ramadan telah tiba. Semua umat Muslim wajib menjalankan puasa tak terkecuali pesepakbola dunia yang berkarier di Eropa. Siapa saja mereka?

Puasa di tahun ini mungkin tak terlalu berpengaruh kepada para pesepakbola di Eropa karena bertepatan dengan masa liburan kompetisi. Masalah puasa pernah menjadi polemik di sepak bola Eropa.

Salah satunya adalah ketika Jose Mourinho melarang para pemain muslim di Real Madrid untuk berpuasa karena membawa efek pada penampilan pemain di lapangan. Agama Islam membolehkan seseorang tidak berpuasa ketika pekerjaan yang dijalani tidak memungkinkan untuk puasa dengan catatan menggantinya di bulan biasa atau membayar fidyah atau memberi makan fakir miskin.

Ada juga pesepakbola muslim yang tetap menjalankan ibadah puasa meski harus tetap bertanding. Salah satu contohnya adalah Frederic Kanoute. Pemain berdarah Prancis itu dikenal sebagai muslim yang taat. Saat masih memperkuat Sevilla, ia tetap berpuasa meski harus menjalani latihan dan pertandingan yang menguras tenaga.

Relgiusnya Kanoute tak hanya terlihat saat puasa. Ia juga sempat menolak mengenakan jersey Sevilla karena menggunakan sponson sebuah rumah judi. Namun soal puasa, kali ini pemain berusia 35 tahun itu tak lagi khawatir dengan karena bertepatan dengan rehat kompetisi.

Di masa puasa ini, Kanoute juga meluangkan waktu untuk membantu sesama. Ia rela sesama umat muslim yang sedang tergolek lemah di rumah sakit. Mantan pemain Tottenham Hotspur itu ingin menolong seorang mahasiswa bernama Imraan Adam yang menderita lumpuh otak.

Selain itu, pada 2007 lalu, Kanoute membeli sebuah Masjid di Sevilla seharga 700 ribu Dollar AS (6,9 miliar Rupiah). Masjid itu kemudian ia sumbangkan kepada umat Islam di Spanyol.

Tidak hanya Kanoute, masih banyak pesepakbola muslim yang menjalankan ibadah puasa saat memasuki Ramadan. Beberapa pesepakbola yang beragama Islam adalah Mesut Ozil, Karim Benzema, Sami Khedira, Demba Ba, Michael Essien, Hatem Ben Arfa, Yaya Toure, Kolo Toure, Adel Taarabt, Samir Nasri, Franck Ribery hingga Ibrahim Affelay.

Namun berbeda dengan Kanoute, Mesut Ozil, yang kini bermain di Madrid, mengaku tidak kuat menjalankan ibadah puasa karena profesinya sebagai pesepakbola membuatnya kesulitan.

"Sulit menjalankan puasa di saat Anda harus bertanding karena membutuhkan makan dan minum. Tapi, ketika libur, saya pasti menjalankan puasa," ujarnya, dilansir Bild.

Hal senada diucapkan Nasri. Gelandang Manchester City itu mengaku tak bisa menjalankan puasa jika kompetisi sedang berjalan.

"Saya tidak bisa berpuasa di saat kompetisi berlangsung. Namun, tahun ini bertepatan dengan libur kompetisi. Saya bisa menjalankannya," katanya.

Sumber: Inilah.com


Ini Dia Pesepakbola yang Berpuasa di Bulan Ramadan
Update : Rating :8 Dari :10terbaik
Organization: INFO PAY TV
Show comments

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :