Barcelona Ingin Hilangkan 'Girl Girl' Di MotoGP

Barcelona Ingin Hilangkan 'Girl Girl' Di MotoGP

Barcelona Ingin Hilangkan 'Girl Girl' Di MotoGP
Partai politik Iniciativa per Catalunya Verds (ICV) ingin menghilangkan ‘grid girl’ saat MotoGP digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona pada 11 Juni bulan depan.

Usai ketidakberhasilan parpol Ganemos Jerez menghilangkan ‘grid girl’ – umumnya dikenal ‘umbrella girl’ – di MotoGP Spanyol, ICV kini telah mengajukan proposal kepada pemerintah kota Montmelo.
Proposal ini bertujuan untuk mengakhiri tradisi yang mengacu terhadap stereotip – penggunaan wanita sebagai objek seksual – di Sirkuit Catalunya, Barcelona.

Berbeda dengan kasus Jerez, ICV tidak mencari pelarangan penuh pada ‘grid girl’. Namun, ingin memperkenalkan kode tertentu, terutama terkait dengan pakaian, dan normalisasi gender dengan penambahan ‘grid boy’.

Jika proposal disetujui, maka akan berlaku untuk semua event di trek Catalunya, termasuk balap Formula 1 Grand Prix Spanyol.

Agar proposal ini dapat terus berlanjut, ICV akan membutuhkan dukungan, setidaknya satu anggota dewan dari parpol lain di Montmelo. Kendati demikian, dukungan tersebut tampaknya sulit didapatkan.

Akan tetapi, masih harus dilihat apakah pemerintah kota Montmelo akan memiliki yurisdiksi untuk dapat memaksa promotor MotoGP, Dorna Sports S.L., melakukan perubahan pendekatan.

“Peran ‘grid girl’ di Sirkuit Catalunya tidak sesuai dengan abad 21, dari masyarakat yang bertujuan modern dan egaliter,” ucap juru bicara ICV, Jordi Manils, kepada stasiun radio Cadena Ser Catalunya.

“Apa yang dilakukan ‘grid girl’ adalah mengincar dan mewariskan wanita dengan peran di mana mereka merupakan objek sederhana dan ornamen situasi.” Sumber: id.motorsport.com


Selengkapnya silahkan baca di Google Berita
Show comments
Hide comments

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan INFO PAY TV. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA. Anda dilarang memberikan No Handphone dikolom komentar.

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :