Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Di Tahun 2016

Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Di Tahun 2016

Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Di Tahun 2016

Cara Mengatur Keuangan Dengan Baik Di Tahun 2016 - Siapa sih yang tidak ingin dapat mengelola dan mengatur keuangannya dengan baik? Tentu saja keinginan setiap orang adalah sama, yaitu dapat memanage keuangannya dengan tertara dan tersusun secara rapih. Dengan mengatur keuangan, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat, di antaranya ialah kita dapat mempertimbangkan sesuatu yang akan kita beli di masa depan, dapat mereview pemasukan dan pengeluaran dengan baik, dapat meraih keuntungan yang besar, dapat menjadi orang yang disiplin dan teratur, dan masih banyak sekali yang lainnya. Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk dapat mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya.
Kita bisa melihat orang-orang yang sukses di luar sana, salah satu rahasia di balik kesuksesan mereka adalah mereka dapat mengatur dan mengelola keuangannya dengan sangat baik. Lalu bagaimana caranya mengatur keuangan dengan baik? Berikut kami sajikan ulasan-ulasan lengkapnya, mari disimak baik-baik dan seksama.

1. Melakukan Persiapan
Di sini kita harus melakukan berbagai persiapan, yang mana persiapan ini ditujukan agar kita benar-benar siap dalam mengelola keuangan kita suatu saat nanti dan memang dapat mengelolanya dengan baik. Di antara persiapan-persiapan itu adalah perencanaan apa yang akan kita lakukan di masa yang akan datang, perencanaan ini dilakukan saat ini dan jangan menunda waktu yang lama karena semakin lama kita akan semakin rugi, ingat! Time Is Money, Waktu Adalah Uang. Jadi perencanaan ini harus dipertimbangan, difikirkan, ditelaah, didalami dengan konsentrasi dan penuh keseriusan, jangan terlalu terburu-buru karena yang terpenting adalah pertimbangan yang sangat bagus, bukan masalah cepatnya.
2.Melakukan Review
Setelah kita melakukan persiapan-persiapan yang cukup matang, langkah selanjutnya adalah melakukan review terhadap keuangan kita di masa yang akan datang. Kita harus benar-benar jeli dan teliti mengenai hal ini, karena di sinilah sebenarnya awal dari kesuksesan ataupun tidaknya keuangan seseorang. Hal yang dapat dilakukan di sini di antaranya ialah melakukan pencatatan apa-apa saja yang rencananya akan dibeli, sehingga kita bisa mempertimbangkan berapa kira-kira pengeluaran yang akan kita lakukan. Di bagian ini juga kita melakukan pertimbangan kira-kira berapa pemasukan yang akan kita terima nanti, di sini harus benar-benar teliti jangan sampai salah hitung dan salah pertimbangan. Kalau kita bisa mereview dengan sangat bagus dan teliti, kita bisa memperkirakan hal-hal yang akan datang dengan mudahnya, kita bisa menghitung berapa yang kita keluarkan dan uang yang masuk nanti meskipun hanya dalam bentuk kisaran, dan kita juga bisa mendapatkan keuntungan, karena jikalau hasil review kita menunjukkan lebih besar pemasukan daripada pengeluaran maka keuntungan itu bukan lagi sekedar khayalan semata.

3. Melakukan Eksperimen Sambil Tetap Mereview.
Eksperimen di sini bukanlah eksperimen seperti penelitian ilmuwan-ilmuwan, akan tetapi eksperimen di sini adalah melaksanakan kegiatan apa-apa saja yang sudah kita rencanakan dan kita review dengan teliti dan begitu baiknya. Di sini kita tidak melupakan untuk terus mereview perkembangan yang terjadi pada keuangan kita, jikalau keuangan kita masih stabil berarti keuangan kita baik-baik saja terlebih lagi jika keuangan kita meningkat daripada yang sebelumnya maka itu lebih dari sekedar baik. Akan tetapi jika keuangan kita menurun apalagi drastis inilah yang harus kita lihat lagi. Jika ada sesuatu yang harus diperbaiki maka diperbaikilah jangan didiamkan begitu saja, kita harus betul-betul melihat dan menelaah mana kesalahan ataupun kekurangan kita, mungkin kita lebih boros dalam membeli suatu barang ataupun lebih banyak menghabiskan uang dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.
Itulah 3 cara mengatur keuangan kita dengan baik. Ada kiranya kita terus memperhatikan keadaan keuangan kita di setiap waktu. Meskipun keuangan itu tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi di antara kebahagiaan kita di dunia ini adalah memiliki harta yang lumayan, bukan sekedar untuk kita tetapi untuk anak-anak bahkan cucu kita nanti. Makanya itu, keuangan sangat teramat penting untuk diperhatikan dan diperiksa, jika ada yang salah maka harus diperbaiki, jika tidak ada masalah kita harus tetap berjaga-jaga dalam artian tidak boros dalam membeli sesuatu ataupun menghabiskan uang begitu saja tanpa pertimbangan yang banyak. Perlu untuk diketahui bahwa orang yang sukses adalah orang yang mampu mengatur segala aspek di kehidupan ini, salah satunya adalah keuangan. Meskipun tidak sempurna akan tetapi kita telah mencoba sebisa dan semampu kita.


Selengkapnya silahkan baca di Google Berita
Show comments
Hide comments

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan INFO PAY TV. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA. Anda dilarang memberikan No Handphone dikolom komentar.

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :