Cara Mudah Meningkatkan Seo Untuk Sebuah Blog

Cara Mudah Meningkatkan Seo Untuk Sebuah Blog

Cara Mudah Meningkatkan Seo Untuk Sebuah Blog
Gambar: Starupbisnis.com

1. Pemilihan Template Blog.
Template sebuah blog adalah merupakan dasar atau pondasi utama yang mendukung segala macam konten atau isi sebuah blog, baik itu berupa artikel-artikel blog, berbagai macam widget blog, menu-menu navigasi, pemasangan iklan-iklan pada blog dan lain sebagainya. Untuk kepentingan tersebut, maka sebaiknya kita memilih template blog yang SEO Friendly, syukur-syukur bisa mempergunakan Responsive Template akan lebih baik.

2. Pemasangan Meta Tag.
Meta tag biasanya berisi kata kunci yang berhubungan dengan blog anda. Macamnya ada banyak, yang biasanya dipakai seperti Meta Keyword, Description, Author, dan lain-lain. Dari sekian banyak Meta Tag yang ada, yang paling penting kita perhatikan adalah Meta Description dan Meta Keyword. Usahakan jangan sampai terjadi duplikat Meta Description ataupun duplikat Meta Title.

3. Pemilihan Kata Kunci (keyword) di dalam artikel blog.
Membuat konten atau artikel blog tidak perlu dengan mempergunakan keyword sebanyak-banyaknya yang dampaknya malah akan membuat bingung pembacanya. Gunakan keyword yang singkat dan dikenal semua orang, tidak perlu bertele-tele. Yang terpenting anda bisa mengira-ngira seberapa tinggi persaingan dari keyword tersebut, dengan menggunakan bantuan Google adword mungkin akan banyak membantu anda.

4. Pergunakan Menu Navigasi secukupnya.
Dalam upaya mendisain blog tidak perlu kita menampilkan fitur-fitur menu navigasi yang banyak dan tersebar di seluruh bagian halaman utama (home page), hal ini akan berdampak blog menjadi semakin berat, dan akhirnya waktu loading blog menjadi semakin lama. Gunakanlah fitur-fitur menu navigasi yang penting saja, semacam : Navigasi Breadcrumb, Navigasi Permalink, Navigasi Horizontal, Related Post, Popular Post, Menu Sharing.

5. Mempercepat Loading Blog.
Untuk masalah loading blog ini, Google sudah pasti bisa menilai kecepatan loading setiap blog. Semakin cepat loading sebuah blog nilai SEO-nya juga akan lebih baik, tidak hanya search engine, pengunjung pun juga akan menyukai blog anda. Jadi, penting sekali meningkatkan loading blog, dengan menghapus fitur/widget-widget yang kurang penting, meminimalisir tampilan, memanfaatkan fitur Google Code atau Yourjavascript juga bisa anda gunakan untuk meng-kompress kode-kode Javascript-text. Untuk mengecek kecepatan loading blog anda, bisa anda coba Google Pagespeed atau Iwebtool.

6. Menambah Kode tertentu pada HTML Template.
Kode HTML tertentu yang wajib dipasang adalah berkaitan dengan upaya-upaya untuk meminimalisir terjadinya duplikat meta description maupun duplikat meta title, contoh kode yang dapat anda pergunakan adalah :
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />
<b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'>
<meta content='noindex' name='robots'/>
</b:if>

7. Membangun Backlink Blog.
Backlink merupakan link (anchor text) yang dipasang atau ditanamkan di blog lain yang bilamana di-klik akan menuju ke blog anda. Backlink (SEO OffPage) ini merupakan faktor penting juga buat SEO blog, semakin banyak backlink semakin bagus dan pengunjung juga akan membanjiri blog anda. Metode blogwalking dapat kita jadikan pilihan utama untuk mendapatkan backlink. Memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, google plus juga sangat bermanfaat, membagikan artikel kita ke teman-teman, bisa juga jadi pilihan. Mendaftarkan blog dan membagikan artikel di sosial bookmark juga bermanfaat. Jangan lupakan memanfaatkan fitur iklan baris untuk mengiklankan blog anda.

Sumber: Wongkampung67
Editor: @adhen_satriani


Selengkapnya silahkan baca di Google Berita
Show comments

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :