Ilmuwan Temukan Tiga Planet Berpotensi Layak Huni

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Berpotensi Layak Huni

Mulai 12 Desember 2017, Indovision berubah menjadi MNC Vision. Baca lebih lanjut....

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Berpotensi Layak Huni

Indovision | Jakarta - Tim ilmuwan internasional menemukan tiga planet berpotensi layak huni di sekitar bintang Gliese 667c. Ilmuwan menemukan bahwa wilayah itu sangat mungkin terdapat air.

Bintang Gliese 667c tersebut berjarak 22 tahun cahaya dari Bumi dengan enam hingga tujuh planet yang mengorbit. Tiga dari planet itu ternyata berpotensi layak dihuni.

Wilayah suhu di sekitar bintang tersebut adalah wilayah yang bisa terdapat air, yang merupakan elemen utama kehidupan.

Gliese 667C adalah bagian dari sistem tiga bintang, sehingga jika berada di planet tersebut pada siang hari bisa melihat tiga matahari!

Ketiga planet tersebut dikenal sebagai super-earth, yakni exoplanet yang lebih kecil dari Neptunus, tetapi lebih besar daripada bumi. Wilayah orbit mereka membuat ketiganya sangat berpotensi mendukung kehidupan.

"Dengan menambahkan beberapa pengamatan baru dan meninjau kembali data yang sudah ada, kami mampu mengkonfirmasi ketiga planet ini dan yakin dapat mengungkapkan beberapa lagi," kata seorang pemimpin penelitian, Mikko Tuomi dari University of Hertfordshire, Inggris.

Ini pertama kalinya ketiga planet dengan massa rendah terlihat di zona layak huni pada sistem bintang yang sama. Namun para astronom ini tidak mungkin dapat menemukan planet serupa pada sekitar zona bintang Gliese 667C, mereka mungkin dapat menemukannya di zona berbeda.

Dinukil Space.com, zona bintang Gliese 667C sangat dingin dan lebih redup daripada matahari, sehingga memungkinkan bagi planet yang berada di dekat orbitnya menjadi layak huni.

Sumber: Inilahcom


Selengkapnya silahkan baca di Google Berita
Show comments

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :