Google Rayakan Ulang Tahun Erwin Schrödinger Hari Ini

Google Rayakan Ulang Tahun Erwin Schrödinger Hari Ini

Mulai 12 Desember 2017, Indovision berubah menjadi MNC Vision. Baca lebih lanjut....

Google Rayakan Ulang Tahun Erwin Schrödinger Hari Ini

Indovision TV | Google Doodle hari ini (12/8) merayakan ulang tahun Erwin Schrödinger, ahli fisika kuantum pemenang penghargaan Nobel, yang persamaan eponymousnya terletak di pusat mekanika kuantum.

Lahir di Vienna, Austria pada 1887 dari pasangan pemilik pabrik dengan seorang wanita keturunan Austria-Inggris, Schrödinger menjalani pendidikan di rumah saat masih anak-anak dan pergi untuk belajar fisika teoritis di Universitas Vienna sebelum ikut wajib militer. Kemudian dia kembali untuk belajar fisika eksperimental.

Dia kembali diwajibkan mengikuti wajib militer saat perang dunia pertama pecah sehingga kuliahnya terganggu. Lalu pada 1917 dia dikirim kembali ke Vienna untuk mengajar meteorologi.

Pada 1925, Schrödinger yang sudah menjadi seorang professor fisika di Universitas Zurich dan sedang berlibur di Alps, dia membuat rumus persamaan gelombang yang secara akurat memberikan level energi pada sebuah atom. Teori inilah yang menjadi dasar dari karyanya yang kemudian membuat dia memenangkan hadiah Nobel di bidang fisika pada 1933.

Pada tahun-tahun berikutnya, dia kerap mengkritik penafsiran konvensional terhadap mekanika kuantum dengan mengggunakan sebuah paradoks yang dikenal sebagai kucing Schrödinger. Dalam paradoks itu, dia melakukan penelitian yang dirancang untuk menggambarkan apa yang dilihatnya sebagai masalah yang meliputi penerapan dari intepretasi konvensional dari mekanika kuantum yang disebut Interpretasi Copenhagen.

Beberapa karyanya yang berfokus pada berbagai bidang di ilmu fisika meliputi mekanika statistika, thermodynamic dan teori warna. Dalam bukunya yang populer, What Is Life yang diterbitkan pada 1944, dia membahas masalah genetika, melihat lebih dalam pada fenomena hidup dari sudut pandang fisika.

Dia meninggal di Vienna pada Januari 1961 karena tuberkulosis yang telah dideritanya selama bertahun-tahun dan dia dikuburkan di pedesaan di Austria barat di Alpbach.


Selengkapnya silahkan baca di Google Berita
Show comments

Masukan email anda untuk mendapatkan update berita, promosi dan informasi tv berlangganan :